Home » , » Mengenal Robot Line Follower

Mengenal Robot Line Follower

Written By Wahyu Agung on Monday, December 30, 2013 | 7:20 AM

Halo sahabat domain . . sesuai dengan judul posting diatas “ Mengenal Robot Line Follower “ kali ini saya akan berbagi ilmu tentang robotika yang saya dapat dari ekstra robotika di SMAN 1 Sidayu . . pada posting kali ini saya hanya akan mengajak sahabat domain  mengenal tentang robot dan komponen dasarnya ... oke kita mulai dari mengenal apa itu robot.
Mengenal Robot
Ada banyak pengertian dan definisi dari Robot. Suatu standar internasional ISO 8373 (International Organization for Standardization) mendefinisikannya sebagai “sebuah manipulator yang dikontrol secara otomatis, dapat diprogram, dan multiguna dengan tiga atau lebih sumbu”. Kegunaan robot :
Ø  Untuk meningkatkan produksi melalui otomasi di industri.
Ø  Menciptakan tenaga kerja yang berkinerja tinggi dan dapat bekerja 24 jam.
Ø  Untuk menjalankan pekerjaan yang memerlukan ketelitian tinggi.
Ø  Menggantikan manusia dalam pekerjaan yang bersifat selalu berulang-ulang




Robot yang akan saya kenalkan kali ini adalah Robot Line Follower. Apa itu robot line follower ? Robot line follower adalah robot pengikut garis yang menggunakan sensor dalam pembacaan lintasannya. Ada 2 jenis robot line follower yaitu Line Follower Analog dan Line Follower Microkontroller. LF Analog adalah robot yang berjalan berdasarkan logika rangkaian listrik. LF Microkontroller adalah robot yang berjalan berdasarkan program yang sudah dibuat sebelumnya. Ini contoh robot line follower yang dibuat oleh team robotika SMAN 1 Sidayu.

Oke setelah mengenal apa itu robot .. masuk ke tahap selanjutnya mengenal komponen dasar elektronika robot. Ada beberapa komponen robot yang akan saya kenalkan diantaranya resistor, kapasitor dan tansistor.
   1.     Resistor adalah komponen elektronika yang mempunyai karakteristik membatasi/menghambat arus listrik yang melaluinya. Resistor merupakan komponen pasif dan pada rangkaian elektronika, resistor biasanya digunakan sebagai pembatas arus, pembagi arus dan pembagi tegangan.

     2.     Kapasitor adalah komponen elektronika pasif yang berfungsi sebagai penyimpan muatan listrik. Kapasitas kapasitor didefinisikan sebagai perbandingan tetap antara muatan dengan tegangan.

    3.     Tansistor Sebagai komponen penguat, switching atau driver. Dari berbagai bentuk transistor yang ada di pasaran, pada umumnya pada transistor terdapat tanda-tanda khusus baik berupa titik  atau tojolan yang menunjukkan posisi emitor. Sedangkan transistor yang berbentuk topi, kolektor terdapat pada badan transistor.

   4.     Tansciever adalah komponen elektronika yang bersifat memancarkan sinyal dan receiver adalah komponen elektronika yang bersifat menerima sinyal tersebut. Dalam kasus ini Transceiver yang digunakan adalah berupa LED Superbright. Led Superbright adalah komponen elektronika yang memiliki prinsip kerja seperti LED ( Light Emitting Dioda ) hanya saja yang intensitas cahaya yang dipancarkan lebih kuat dibandingkan dengan LED biasa. Intensitas cahaya yang melaluinya sebanding dengan arus yang melewatinya, tetapi arus yang melaluinya tidak lebih dari 22 mA. Sedangkan receiver yang digunakan adalah berupa photo dioda atau photo transistor. Photo diode adalah komponen elektronika yang jika terkena cahaya, maka akan menimbulkan beda potensial pada kaki-kakinya.

    5.     Komparator adalah salah satu aplikasi dari op-amp (operational amplifier), dimana memiliki fungsi membandingkan besar dua potensial yang diberikan





Sampai disini dulu perkenalan kita dengan dunia robotika. Saya akan bahas tentang ” Rangkaian dasar robot line follower ” pada posting selanjutnya. Semoga artikel saya bermafaat bagi sahabat domain. J

0 comments:

Post a Comment


Get this widget!

Total Pageviews

Popular Posts

Sosial Media


Powered by Blogger.
 
Support : SMA Negeri 1 Sidayu
Copyright © 2013. Catatan Domain - All Rights Reserved